Home » Tentang IATPI

27 Jul 2016   

Tentang IATPI

IATPI

Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik lingkungan Indonesia (IATPI) merupakan asosiasi profesi tenaga ahli di bidang teknik penyehatan dan lingkungan, yang didirikan di Bandung pada tanggal 10 Oktober 1977, para perintis organisasi ini terdiri dari para alumni pertama Jurusan Teknik Penyehatan Institut Teknologi Bandung yang dipelopori oleh Prof. Dr. Ir. Soepangat Soemarto MSc, Dr. Ir. Benny Chatib MSc, Ir. Hidayat Notosugondo, Ir. Darmawan Saleh serta sejumlah alumni lainya.

Pendirian organisasi Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia berawal dari kesadaran para pendiri, bahwa ilmu teknik penyehatan, meskipun saat itu belum terlihat peranannya, namun pada suatu saat nanti akan menempati salah satu disiplin ilmu dan profesi yang sangat penting dan strategis di dalam pembangunan nasional

Saat ini, anggota IATPI telah mencapai 1500 anggota di seluruh Indonesia, yang bekerja di pemerintah, swasta, perguruan tinggi, LSM dan lainya. Pada kongres IATPI di tahun 1998, IATPI membuka keanggotaan bagi para professional yang bekerja di bidang sanitasi dan teknik lingkungan, meskipun bukan lulusan dari jurusan Teknik Lingkungan

Kegiatan IATPI

Kegiatan yang telah dilakukan IATPI antara lain adalah memberikan bantuan pelayanan sosial seperti membangun fasilitas air bersih di desa-desa, melakukan seminar nasional juga internasional mengenai sampah, air minum, air limbah, dan topik lainnya. IATPI juga membantu pemerintah dalam mengembangkan peraturan pemerintah tentang perencanaan lingkungan, seperti air bersih, drainase, sampah dan perencanaan tata ruang.

Bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), IATPI telah mengeluarkan Program Sertifikasi Insinyur Profesional untuk sarjana teknik penyehatan dan teknik lingkungan. Sertifikasi internasional yang sudah terakreditasi ini menyediakan sarjana teknik penyehatan dan teknik lingkungan Indonesia sebagai ahli yang diakui secara internasional. IATPI juga meluncurkan Program Sertifikasi Jasa Konstruksi mengenai Program Lingkungan dan Program Sertifikasi Penanggungjawab untuk Pengolahan Air Limbah dan Pengendalian Pencemaran Udara.

Kerjasama dengan beberapa organisasi internasional juga telah dilakukan termasuk International Association on Water Quality (IAWQ), East Asia Regional Organization on Planning and Housing (EAROPH). IATPI juga telah berafiliasi dengan Water Environment Federation (WEF), asosiasi profesional Amerika di bidang pengelolaan air khususnya air limbah.

Ketua Umum

IATPI Kongres Nasional VIII tahun 2014 telah menunjuk Bapak Dr. Ir. Alex Abdi Chalik, M.M., M.T menjadi Ketua IATPI ke-tujuh. Sebelumnya Ketua IATPI adalah Prof. Dr. Ir. Soepangat Soemarto (1977-1987), Ir. Sidabutar (1987 - 1995), Ir. Rama Boedi, MM (1995 - 1999), Ir. Zafar D. Idham, MBA (1999 - 2004) , Ir. Poejastanto, DEA, CES (2004-2009) danIr. Budi Yuwono, Dipl. SE (2009 – 2014) . Diharapkan bahwa di bawah periode Bapak Alex Abdi Chalik, struktur organisasi IATPI dan program akan direformasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan harapan.


© 2011. All right reserved. IATPI – Manajer Pengendalian Pencemaran Air.